Rabu, 29 April 2009

Cara membuat botok lamtoro alias botok petai cina ala anak kost

Botok adalah salah satu makanan dari jawa, setau ogut sih dari jawa timur. Biasanya ogut bikin tu botok klo lagi kangen ma masakan jawa bin bokekkkkkk heee habisnya di sekitar kost2an ga ada yang jual sih makanan kayak gitu ( boro...boro jualan lha wong wujudnya botok aja mereka pada ga tau heee )
botok yang sering ogut bikin adalah botok lamtoro/ petai cina dicampur ma tempe huhhhhh sedappp bo....apalagi kalo makannya ama sayur bening wow T-O-P B-G-T, makanan restoran kelas V V V V VIP pun kalah dech haaa..
ngomong2 soal lamtoro alias pete cina....ternyata ada orang yang ga tau kalo tu lamtoro bisa dimakan...( nah lho ), kebetulan pas ogut gi ngerjain tugas di tempat temen, rumahnya ada pohon lamtoro pas q bilang klo aq pernah bikin botok lamtoro....temen q yang notabene orang melayu 100% langsung kaget bin shock mendadak sambil bilang gini "emang lamtoro bisa dimakan ya? aq baru tau lho"
dengan bangga ogut memperkenalkan produk olahan baru sama temenq itu, tak lain tak bukan produk itu adalah "B-O-T-O-K" heeee
sekarang waktunya untuk memperkenalkan cara membuat BOTOK lamtoro ala anak kost...

BAHAN:
1 buah tempe ( potong kotak kecil-kecil )
1 iket lamtoro ( jangan lupa dikupas yach )
parutan kelapa agak muda ( beli 1000 aja, ga usah banyak2 heee )
1 iket kecil daun kemangi
5 buah blimbing wuluh ( iris tipis )
daun salam
ikan teri kecil2/ ebi ( bagi yang suka )
Air putih
minyak goreng buat menumis

BUMBU:
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
ketumbar secukupnya
garam secukupnya
penyedap rasa secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam dihaluskan/diuleg, setelah halus lalu masukkan parutan kelapa kedalam bumbu tadi dan aduk sampai bumbu tercampur rata.
2. Panaskan minyak, goreng lamtoro dan ebi sampai agak layu,masukkan saun salam,lalu masukkan tempe, setelah tercampur rata masukkan parutan kelapa dan tuangkan air secukupnya ( sesuai selera anda ) agar tidak gosong.
3. Setelah mendidih masukkan irisan blimbing wuluh dan kemangi
4. Yang terakhir tambahkan penyedap rasa, tunggu sampai masakan matang dan siap disantap.

keuntungan bikin botok lamtoro: selain bahannya mudah didapat dipasar, harganya juga sangat2 terjangkau apalagi buat anak kost ( bisa hemat lho hee ), rasanya juga enak bo', bisa juga dibagi2 ketetangga kost biar mereka kenal juga ma yang namanya botok lamtoro aseli jawa heeeeee

0 comments: