Rabu, 17 Juni 2009

Contoh Bisnis Plan ku

1. RINGKASAN EKSEKUTIF

AiOne factory outlet adalah suatu toko yang menjual berbagai macam pakaian baik wanita maupun pria, dimana pakaian yang dijual adalah berasal dari produsen pakaian secara langsung sehingga harganya lebih murah dan tentu saja kualitasnya terjamin. AiOne factory outlet adalah bentuk usaha perseorangan yang dijalankan oleh Hery Setiawan.
AiOne factory outlet berdiri pada tahun 2007 dan beralamat di Jl. Imam Bonjol No 4 & 5 Nagoya Batam, dimana dari tahun ke tahun penjualan pakaian di AiOne factory outlet dari tahun ke tahun semakin meningkat.
Definisi FO yaitu toko untuk menjual pakaian yang kelihatan murah, Pada dasarnya FO menjual barang sisa ekspor. Di mana orang mencari barang branded sesuai dengan yang original tapi dengan harga miring, Namun Seiring dengan perkembangan fashion yang semakin maju AiOne Factory Outlet hadir dengan terobosan baru yaitu tidak hanya menjual produk pakaian seperti kaos, celana ataupun perlengkapan fashion lainnya namun juga menyediakan fashion pakaian dari bahan batik khususnya batik dari Solo.
Prospek pengembangan usaha sangat menjanjikan mengingat pasar yang cukup besar dengan tren busana yang terus meningkat dari tahun ke tahun, untuk itu AiOne factory outlet mempunyai rencana pengembangan usaha dan strategi pemasarannya antara lain:
a. Perluasan factory outlet ke daerah lain di Indonesia
b. Menjalin kerja sama dengan mitra kerja/ Investor untuk memperluas pemasaran
c. Mengadakan promosi-promosi baru
d. Melakukan Srategi Penetapan harga
e. Pemanfaatan teknologi informasi
f. Senantiasa mempertahankan loyal customer dan juga menggaet customer baru dengan memberikan pelayanan yang maximal

Berikut merupakan rincian biaya yang dikeluarkan oleh AiOne factory outlet untuk kegiatan operasional per bulan.

Rincian Nilai
1. Gaji Rp. 26.000.000
2. Listrik Rp. 600.000
3. Air Rp. 300.000
4. Telphone Rp. 1.000.000
TOTAL Rp. 27.900.000



2. PELUANG DAN TAWARAN

Dalam era pembangunan dewasa ini dunia fashion mengalami perkembangan dan Pertumbuhan penduduk yang cukup pesat, menyebabkan manusia cenderung untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Salah satunya adalah pemenuhan akan kebutuhan sandang, karena pada hakekatnya kebutuhan sandang merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang. Sehingga dalam kondisi seperti ini menjadi peluang bagi pengusaha pedagang baju untuk menyediakan kebutuhan konsumen akan suatu tempat membeli barang atau toko yang layak. Salah satu bentuk usaha tersebut adalah factory Outlet.
Batam merupakan pasar yang cukup potensial bagi pengusaha retail dalam mengembangkan usahanya, pertimbangan tersebut didasarkan banyak warga masyarakat dari luar provinsi yang bekerja di Kota Batam dan sebagai salah satu pusat perbelanjaan AiOne Factory Outlet hadir untuk menambah banyak pilihan bagi konsumen menentukan keputusan pembelian produk yang disediakan oleh banyak pengusaha retail lainnya. dimana seperti diketahui bahwa letak kota Batam ini sangat strategis dengan Malaysia dan Singapura, dimana banyak turis asing yang biasanya mencari oleh-oleh yang khas dari Negara yang dikunjunginya dan tentu saja AiOne Factory Outlet ini hadir dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan toko-toko baju atau outlet-outlet yang ada di mall karena berbagai pakaian yang dijual di AiOne Factory Outlet ini datangkan langsung dari produsen fashion dari Jakarta, Bandung maupun dari Solo.
Dari segi lokasi, AiOne Factory Outlet sangatlah strategis karena berada di dekat pusat perbelanjaan. Walaupun AiOne berada didekat pusat perbelanjaan namun hal itu bukan menjadi kendala dalam menghadapi persaingan dengan toko-toko baju yang ada didalam pusat perbelanjaan, justru situasi tersebut akan kami manfaatkan untuk menarik minat masyarakat untuk memilih alternatif dalam berbelanja kebutuhan fashion yang lebih murah dan tentunya berkualitas.
Kota Batam yang merupakan kota industri menjadi magnet bagi masyarakat di Indonesia untuk mencari pekerjaan, sehingga dari tahun ke tahun pertumbuhan penduduk semakin meningkat. Kebutuhan akan sandang juga semakin meningkat terutama bagi kaum wanita dan juga remaja yang biasanya selalu mengikuti tren atau mode pakaian terbaru.
Selain wanita juga remaja, pasar yang juga Aione bidik adalah wisatawan dalam maupun luar negeri terutama wisatawan malaysia dan singapura karena di AiOne factory Outlet ini kami juga menyediakan pakaian batik dan juga berbagai macam asesoris unik yang merupakan hasil dari kerajinan tangan, dimana seperti diketahui bahwa turis asing sangat menyukai hal-hal yang unik terutama yang bertemakan kebudayaan, dan hal itu kami sajikan dalam factory outlet kami.
Seperti diketahui bahwa Aione factory outlet mengambil barang langsung dari produsen sehingga Aione mempunyai keunggulan-keunggulan terutama masalah harga. Harga pakaian yang ditawarkan di AiOne ini sangat terjangkau berbeda dengan harga pakaian yang dijual di mall atau pusat-pusat perbelanjaan besar lain yang biasanya akan lebih mahal karena terkena pajak lagi. Qualitas baju dan juga model baju yang di tawarkan di AiOne Factory Outlet ini sangat bagus karena Aione senantiasa selektif dalam menghadirkan tren baju terkini, agar bisa memberikan kepuasan bagi para konsumen.
Letak AiOne factory Outlet yang berada didekat pusat perbelanjaan akan juga memberikan peluang pasar yang lebih besar agar produk yang Aione hadirkan semakin dikenal dan juga digemari oleh masyarakat.
AiOne Factory Outlet berdiri pada tahun 2007 dan berlokasi di Batam yaitu di Jl. Imam Bonjol No 4 & 5 Nagoya Batam, akan tetapi untuk kedepannya Aione juga mempunyai rencana untuk membuka cabang di kota lain di Indonesia dan bahkan apabila Aione factory outlet semakin berkembang, kami akan memperluas cabang hingga ke Singapura dan Malaysia.
Selain memperluas cabang factory outlet, Aione juga memberikan tawaran dan juga kesempatan bagi para investor atau mitra kerja untuk bekerja sama dengan Aione, misalnya dengan membeli fashion melalui Aione factory outlet dalam partai besar lalu menjualnya kembali di toko anda, kelebihan dari sistem seperti ini bagi para mitra kerja adalah akan mendapatkan diskon khusus sehingga mitra kerja akan memperoleh keuntungan yang lebih, Aione juga akan membantu mitra kerja Aione dalam hal pemasaran misalnya memberikan kiat-kiat dan juga memberikan strategi pemasaran yang baik kepada mitra kerja.


3. PRODUK YANG DITAWARKAN

Seperti diketahui bahwa Factory Outlet adalah tempat untuk menjual berbagai macam pakaian, begitu juga dengan AiOne Factory Outlet juga menjual berbagai macam pakaian untuk wanita maupun pria, Sebut saja salah satu celana dengan merek Versace, DKNY dan Calvin Klein.
Terdapat juga kemeja dengan merek Guess, Aigner atau Tommy Hilfiger. Terdapat juga baju kaos yang enak dipakai dan bergaya seperti Esprit, Guess ,Gap. Selain itu banyak juga merk-merk dalam negeri berkualitas yang disuguhkan dalam Aione factory outlet seperti kaos couple buatan produsen bandung, celana jean, kaos dari Jakarta serta pakaian batik dari solo.
Masalah harga tentu sangat miring jika dibandingkan dengan harga aslinya, bahkan bisa mencapai 30 persennya. Dari sisi kualitas, barang-barang yang ada di AiOne tidak diragukan lagi, sebab barang-barang yang ada didatangkan dari produsen yang berkualitas.
Batik juga dipilih sebagai terobosan baru di AiOne Factory Outlet agar Aione factory outlet berbeda dengan toko-toko pakaian yang ada karena batik sedang tren di masyarakat, disini Aione memilih batik dari Solo sebagai produk yang Aione tawarkan karena Batik tidak hanya disenangi wisatawan lokal tapi juga wisatawan mancanegara terutama Malaysia dan Singapura. Oleh karena itu selain menjual produk Aione juga senantiasa berupaya untuk melestarikan kebudayaan daerah.
Produk yang Aione jual telah banyak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat batam, terbukti dengan masih bertahannya factory outlet Aione dan dari tahun ke tahun semakin bertambah ramai pengunjungnya. Aione juga sering mendapatkan tawaran untuk mengikuti bazar-bazar yang diselenggarakan pihak pemerintah maupun pihak swasta.


4. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

1. Nama Perusahaan AiOne Factory Outlet
2. Bidang Usaha Penjualan Pakaian
3. Alamat Perusahaan Jl. Imam Bonjol No 4 & 5 Nagoya. Batam
4. No Telepon 0778 412678
5. Alamat Email sales@aionefactoryoutlet.com
6. Bank Perusahaan BCA
7. Mulai Berdiri 2007
8. Nama Pemilik Perusahaan Hery Setiawan



5. VISI DAN MISI

Visi:
Menjadi factory outlet yang terkemuka di Batam yang mampu menyediakan kebutuhan fashion yang up to date dengan harga yang terjangkau.

Misi:
1.Menyediakan kualitas pakaian yang baik
2.Menghadirkan fashion dengan harga yang terjangkau
3.Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara tepat guna.
4.Mendorong pertumbuhan usaha yang berkeseinambungan dalam rangka mencapai kesejahteraan karyawan
5.Ikut serta melestarikan khasanah bangsa dengan menyediakan produk pakaian dari batik.


6. LOGO USAHA



Deskripsi Logo:
1. Tulisan Aione factory outlet menggambarkan nama usaha yang digeluti, sedangkan warna kuning, hijau muda muda dan merah pada tulisan menggambarkan bahwa Aione factory outlet ini menjual fashion yang beragam, ceria dan fashionable.
2. Background berwarna abu-abu dan oranye terlihat berbaur artinya bahwa selain menjual produk untuk remaja, Aione juga menjual produk daerah seperti batik. Dimana batik yang dijual adalah batik yang didesain mengikuti mode terkini agar para remaja terus mencintai produk batik.



7. BIDANG USAHA
One factory outlet merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang jasa penjualan pakaian, dengan mengedepankan manajemen terpadu, pelayanan yang maksimal serta berorientasi teknologi informasi sebagai basis dalam melakukan transaksi penjualan pakaian.


Berikut adalah gambaran dari struktur organisasi pada AiOne Factory Outlet:





9. ANALISA PASAR

Persaingan usaha di bidang fashion dewasa ini semakin gencar. Diskon besar-besaran ditawarkan oleh department store besar untuk menarik jumlah pembeli sebanyak-banyaknya. Walaupun tengah persaingan Department Store yang sangat ketat, AiOne Factory Outlet (FO) masih mampu bertahan. Mempertahankan bisnis FO tidak mudah. Selain bersaing dengan department store besar dan memiliki pelanggan tetap, FO juga harus bersaing dengan bisnis fashion yang menggunakan konsep baru, yakni distribution store (distro) yang sudah menjamur. Karena itu untuk tetap mempertahankan diri, setiap FO harus memiliki strategi khusus.
Dengan banyaknya perusahaan yang bergerak dibidang retail di Kota Batam yang terus meningkat menyebabkan tingkat persaingan dibidang bisnis retail yang ada semakin ketat sehingga menuntut pihak pengusaha untuk menyusun kebijakan dalam rangka menghadapi persaingan yang ada. Salah satu usaha untuk menghadapi persaingan tersebut adalah perusahaan tersebut harus lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang tepat. Dalam hal ini perusahaan harus benar-benar efektif dan tepat dalam menerapkan strategi bauran pemasaran. Semua aspek bauran pemasaran merupakan suatu mata rantai yang tidak dapat terpisahkan dan saling mempengaruhi. Empat aspek bauran pemasaran berupa harga, produksi, promosi, dan saluran distribusi amat menentukan berhasil tidaknya perusahaan mencapai tujuan. Sebagai satu-satunya aspek pemasaran yang dikendalikan oleh perusahaan,aspek bauran pemasaran tersebut harus diformulasikan dan dikombinasikan seefektif mungkin, dimana kemudian strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan direspon oleh konsumen.
Untuk memahami kebutuhan konsumen bukanlah pekerjaan mudah dan sederhana, tetapi bukan suatu yang mustahil untuk dilakukan. Menganalisis perilaku konsumen akan lebih mendalam dan berhasil apabila perusahaan memahami aspek-aspek psikologis manusia secara keseluruhan, kekuatan faktor sosial dan budaya serta prinsip-prinsip ekonomis dan strategi pemasaran. Kemampuan dalam menganalisis perilaku konsumen berarti keberhasilan dalam menyelami jiwa konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan demikian berarti pula keberhasilan pengusaha, ahli pemasaran, pimpinan toko, dan pramuniaga dalam memasarkan suatu produk yang membawa kepuasan konsumen
Beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh pihak manajemen untuk mengetahui secara mendalam keinginan dan kebutuhan konsumen adalah dengan melacak dan menelusuri sikap-sikap konsumen dalam bentuk perilaku konsumen. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menentukan pilihan produk yang akan dibeli dan dikonsumsi, sehingga perusahaan dapat mengetahui perilaku konsumen yang merupakan cerminan alasan seorang konsumen membeli suatu produk. Perusahaan yang mampu bertahan pada era globalisasi ini adalah perusahaan yang bisa mengetahui seberapa besar pengaruh dari masing-masing alat bauran pemasaran yang dilakukan agar dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan mengetahui besarnya pengaruh tersebut, maka perusahaan akan lebih mudah untuk menentukan alat-alat bauran pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi, kemampuan serta keadaan yang sedang dihadapi.
Disamping harus jeli dalam menganalisa pasar, AiOne Factory outlet juga senantiasa menganalisa pesaing-pesaing bisnis, analisa antara lain.


10. ANALISA SWOT
1. Strength
a. Harga jual yang cukup rendah dan kualitas bahan baku yang lebih unggul serta desain yang disesuaikan dengan trend/ mode yang berlaku bila dibandingkan dengan produk yang dijual ditoko lain
b. Selalu mengedepankan pelayanan yang bermutu terhadap pelanggan ( customer satisfaction )
c. Lengkapnya data keuangan dan pelanggan membuat mudahnya perusahaan mengontrol kinerja usaha dalam mencapai tujuan.
d. Mempunyai website yang memuat berbagai macam produk terbaru dari AiOne factory outlet
e. Memiliki bangunan yang berarsitektur zaman kolonial sehingga bisa menarik pelanggan untuk berbelanja sekaligus menikmati keindahan arsitektur kuno yang sekarang ini tergolong langka.

2. Weakness
a. Kurangnya strategi pemasaran sehingga penjualan kurang maksimal
b. Pengelolaan manajemen tidak maksimal
c. Adanya fasilitas TI yang lengkap tidak digunakan dengan baik untuk mengembangkan usaha
3. Opportunity
a. Banyaknya wisatawan dari Singapura dan Malaysia yang berkunjung membuat usaha ini punya prospek yang cukup cerah dimasa mendatang
b. Peluang ekspansi ke daerah lain serta keluar negeri cukup tinggi
c. Adanya fasilitas TI dan pemanfataan internet bisa menunjang perkembangan usaha ( desain , Mode , relationship )
d. Letak atau lokasi sangat strategis sehingga mudah dijangkau masyarakat
e. Banyaknya produsen yang memproduksi fashion yang kian hari kian innovative membuat Aione factory outlet tidak kesusahan dalam mencari produk-produk yang unggul.

4. Threats
a. Banyaknya produk import dari luar negeri membuat rendahnya daya beli masyarakat terhadap produk yang dijual di AiOne karena produk import menjadi digandrungi.
b. Ketidakmampuan mengakses sumber-sumber permodalan membuat sulitnya mendapatkan pinjaman
c. Kondisi perekonomian dan perbankan (keuangan), Ketidakstabilan kurs rupiah berpengaruh pada penjualan produk karena seperti diketahui kebanyakan transaksi keuangan yang ada di Batam dipengaruhi oleh kurs valuta asing khususnya mata uang Singapore Dollar ( SGD ).
d. Banyaknya toko-toko maupun pusat perbelanjaan yang menjual produk sejenis.



11. FORMULASI STRATEGI
Dalam mempertahankan dan mengembangkan AiOne factory outlet, Aione memiliki berbagai macam strategi bisnis. Termasuk upaya memperbaiki kegiatan operasional dan manajemen AiOne factory outlet harus tetap dilakukan untuk menghadapi ketatnya persaingan yang ada, namun upaya mempertahankan pola manajemen profesional tidaklah mudah. Kesalahan sedikit saja dalam pelaksanaan manajemen ataupun operasional akan berakibat bagi pelayanan, hal itu akan menjadi resiko yang berbahaya bagi AiOne factory outlet. Upaya untuk menjaga konsistensi pengelolaan dan pemasaran AiOne factory outlet secara profesional agar selalu mampu meningkatkan kemampuan dan kinerja, keuangannya merupakan hal yang sangat penting. Di satu pihak, untuk melanjutkan penyempurnaan AiOne factory oulet menjadi suatu outlet yang tersebar di seluruh pelosok tanah air dan dikelola secara profesional masih banyak lagi yang harus dibenahi, diperbaiki dan ditata ulang untuk menetapkan dan mengembangkan kinerja yang telah dicapai dan yang akan dicapai di masa yang akan datang.
Strategi dalam menghadapi persaingan bisnis harus terus Aione kembangkan, apalagi dimasa krisis seperti sekarang ini diperlukan strategi-strategi baru guna memperlancar kerjasama yang lebih erat dengan para konsumen yang telah ada maupun untuk menarik konsumen baru.
Tak sekadar memberikan diskon untuk para pembeli, Aione juga harus menerapkan strategi khusus agar tetap bertahan di tengah gencarnya persaingan. Apalagi saat ini department store juga terus menghujani pelanggannya dengan diskon besar. Salah satunya yang Aione lakukan adalah dengan memberi diskon murni, yakni tidak merubah harga sebelum diskon diberikan.
Selain memberikan diskon besar kepada para pelanggan, AiOne factory outlet juga memiliki cara tersendiri untuk menarik pelanggan-pelanggan baru. Dengan diuntungkan bangunan berarsitektur ala zaman kolonial, Aione factory outlet juga menerapkan konsep wisata belanja di outlet Aione. Karena memiliki bangunan yang berarsitektur zaman kolonial ini, AiOne factory outlet banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Jika awalnya wisatawan tersebut hanya ingin melihat-lihat bangunan, pada akhirnya banyak juga yang berbelanja. Apalagi AiOne factory outlet juga selalu menghadirkan produk fashion yang tak kalah up date-nya dengan toko-toko besar. Inilah yang Aione sebut dengan wisata belanja. Pembeli tak hanya mendapatkan produk fashion keinginan mereka, tetapi juga bisa menikmati bangunan yang berarsitektur zaman kolonial yang tetap Aione pertahankan.
Aione juga melakukan terobosan baru dengan menambah koleksi baju batik yang khusus didatangkan dari solo, dimana baju-baju batik yang dijual di Aione factory outlet berkualitas bagus dan juga harganya terjangkau, Di mata Aione untuk mempertahankan bisnis FO agar tetap eksis perlu kejelian-kejelian dalam membangun suatu kreatifitas,
supaya wisatawan lokal dan internasional tidak bosan maka dari itu Aione perlu inovatif dan ada terobosan-terobosan, Batik dipilih sebagai terobosan baru karena batik sedang tren di masyarakat. Batik tidak hanya disenangi wisatawan lokal tapi juga wisatawan mancanegara terutama Malaysia dan Singapura.
Selain melakukan strategi-strategi diatas, mempertahankan loyal customer yang Aione miliki merupakan hal yang penting juga karena dengan menjaga keberadaan mereka, merupakan hal terpenting untuk bertahan dari segala persaingan yang ada. Sebab mereka inilah yang membuat AiOne factory outlet terus bernafas sejak tahun 2000, meski saat ini department store mengancam posisi Aione dengan program-program yang sangat menggiurkan. Selain itu AiOne juga melakukan Intensifikasi pameran dagang/bazaar, Pembuatan iklan di media cetak, brosur untuk di bagikan kepada masyarakat dan juga Memberikan sponsor kegiatan untuk even-even tertentu misalnya pada acara 17 Agustusan.
Menjaga keberadaan loyal customer bisa dibilang gampang-gampang susah. Perlu usaha ekstra untuk membuat loyal customer tetap berbelanja di tempat mereka. salah satu upaya yang ditempuh untuk membuat loyal customer ini tidak berpaling adalah dengan memberikan pelayanan berjangka dan terus-menerus yang memanfaatkan jasa SMS atau telepon.
Tak hanya memberikan pelayanan di dalam toko, Aione juga memberikan pelayanan di luar. Misalnya saja ketika ada produk baru atau program diskon, AiOne selalu memberi tahu langsung kepada loyal customer. Entah itu melalui SMS atau telepon. Kebetulan AiOne factory oulet selalu mencatat nomor telepon para customer dan menganggap mereka seperti kawan. Hubungan baik ini yang membuat Aione tidak ditinggalkan hingga sekarang.
Meski berjuang mempertahankan loyal customer, bukan berarti AiOne factory outlet enggan mencari pelanggan baru. Aione tetap berupaya mendapatkan pelanggan-pelanggan baru dengan strategi-strategi khusus. Yang sekarang tengah dikembangkan oleh AiOne factory outlet untuk mendapat pelanggan baru adalah dengan menggandeng pihak travel. Dengan menggandeng pihak travel yang secara otomatis para turis domestik maupun mancanegara akan diajak untuk mengunjungi outlet Aione untuk melihat-lihat dan membeli produk-produk yang Aione tawarkan.
Memang tidak semua tamu yang berbelanja saat travel mengarahkan kunjungan ke tempat Aione. Tetapi beberapa dari mereka pasti ada yang tertarik dengan produk-produk AiOne. Kalau sudah begitu, biasanya mereka akan memberikan informasi tentang keberadaan AiOne factory outlet kepada keluarga atau rekannya di kota asal. Dan ini menjadi efek domino yang bagus bagi outlet AiOne.


12. STRATEGI PENETAPAN HARGA
Harga disesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakat lapisan menengah ke bawah.



13. STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
1. Perubahan struktur manajemen dan organisasi
2. Penarikan tenaga kerja yang berkualitas
3. Pelatihan tenaga kerja yang sudah ada



14. STRATEGI KEUANGAN
1. Penambahan investasi modal untuk pengembangan usaha
2. Mencari investor / joint ventura untuk pengembangan dan perluasan usaha Pengendalian sistem keuangan


15. TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA
1. Restrukturisasi manajemen dan organisasi
2. Perekrutan karyawan yang bermutu
3. Pelatihan karyawan
4. Peningkatan pelayanan terhadap konsumen
5. Promosi penjualan
6. Penjajakan perluasan wilayah pemasaran
7. Pengendalian sistem keuangan



16. PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI PEMASARAN
1. Mencari peluang pasar pada situs-situs web
2. Pembuatan brosur, daftar pelanggan, daftar penjualan dengan mempergunakan program komputerisasi
3. Pembuatan sistem manajemen penjualan ( daftar barang yang dijual, stok atau daftar persediaan)
4. Pencatatan sistem keuangan dan pengolahan data keuangan dengan program komputerisasi
5. Pencarian informasi pasar, data mode terakhir, dan penawaran produk melalui internet.



17. DAMPAK USAHA TERHADAP MASYARAKAT
Secara langsung dampak dari didirikannya Aione factory outlet ini adalah adanya penyerapan Tenaga Kerja di sekitar Lingkungan Organisasi



18. ANALISA RESIKO USAHA
1. Kenaikan harga beli produk dari produsen diatas 25 %
2. Kenaikan upah tenaga kerja sebesar 30 %
3. Penurunan daya beli masyarakat



19. ANTISIPASI RESIKO USAHA
1. Pembelian Stock bahan Bahan Baku dan Bahan penolong
2. Membuat kontrak dengan tenaga kerja
3. Memperluas saluran distibusi pemasaran dan penekanan peningkatan kualitas pelayanan kepada customer maupun mitra kerja.



20. LAMPIRAN INVENTARIS

0 comments: