Kamis, 28 Mei 2009

Manajemen strategis

BAB 1
PENDAHULUAN

PT AiOne Fowarding Service adalah perusahaan yang begerak dalam bidang jasa pengiriman barang yang menangani pengiriman dan pendistribusian barang kiriman Domestik, kami melayani pengiriman paket sampai dengan pengiriman dengan jumlah besar, mulai dari pengiriman barang retail, consumer goods, barang pabrikasi, barang kebutuhan proyek sampai dengan pengiriman mesin-mesin maupun kendaraan. PT. AiOne Fowarding Service berdiri sejak tahun 2000 dan berbasis di Batu Ampar Batam. PT. AiOne Fowarding Service telah memiliki 25 kantor cabang dan 200 agen yang tersebar di daerah-daerah di Indonesia.
Dalam memberikan layanan pengiriman, PT. AiOne Fowarding Service menggunakan layanan pengiriman dengan transportasi darat untuk melakukan pengiriman barang ke beberapa tempat tujuan pengiriman yang dapat terjangkau, yaitu dengan menggunakan armada truk, Fuso, Tronton sampai dengan Trailer yang dapat disesuaikan dengan kondisi maupun kebutuhan pelanggan. Spesialisasi kami adalah melakukan pengiriman barang secara Reguler ke beberapa daerah di Indonesia, namun untuk memberikan solusi dan layanan pengiriman yang lebih maksimal terhadap kebutuhan pelanggan, Tentu saja kami juga memberikan alternatif layanan pengiriman yang lebih luas cakupannya yaitu dengan memberikan layanan pengiriman menggunakan transportasi Laut maupun Udara ke berbagai daerah lainya di Indonesia. Karena seperti diketahui bahwa letak geografis pulau Batam ini dikelilingi laut sehingga untuk proses pengiriman barang ke daerah atau provinsi lain tidak mungkin hanya menggunakan transportasi darat, kesemuanya itu kami lakukan agar dapat memberikan solusi layanan secara lebih menyeluruh dalam satu rangkaian pengiriman terpadu (One Stop Service) agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dengan berbekal setifikasi ISO 9001:2000 dan juga pembaharuan pelayanan untuk para pelanggan, kami yakin akan mampu bersaing ditengah krisis global yang terjadi sekarang ini, karena kami selalu berkomitmen untuk menjadi yang terbaik dalam melayani jasa pengiriman barang.


BAB 2
VISI DAN MISI

2.1 VISI
Menjadi Freight Forwarder yang terpercaya yang mampu melayani kebutuhan segenap lapisan masyarakat dan dapat diterima menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
2.2 MISI
Kami bertekat untuk memberikan layanan terbaik kami melalui :
1. Ketepatan waktu pengiriman (Lead Time)
2. Memberikan Kualitas pengiriman dan keselamatan barang yang baik hingga di tujuan
3. Memberikan harga yang kompetitif
4. Mendorong pertumbuhan usaha yang berkeseinambungan dalam rangka mencapai kesejahteraan karyawan dan senantiasa meningkatkan tanggung jawab sosial.
5. Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara tepat guna.



BAB 3
LOKASI, LAYANAN DAN STRATEGI PERUSAHAAN

3.1 LOKASI

Kantor pusat dari PT. AiOne Fowarding Service berada di Jl. Kerapu No 105 Batu Ampar. Batam
Lokasi ini sangat srategis karena selain berdekatan dengan pelabuhan juga berada didalam komplek industri berat yang kebanyakan membutuhkan perusahaan pengiriman jasa untuk kegiatan pengiriman barang. Sedangkan kantor cabang maupun agen-agen resmi PT. AiOne tersebar hampir diseluruh pelosok Indonesia.

3.2 LAYANAN

Layanan PT. AiOne Fowarding Service meliputi :

1. Door to door service
Pelayanan antar jemput. Anda tidak perlu bersusah payah untuk membawa barang paket/dokumen anda ke kantor kami karena kami akan mengambil barang, paket/dokumen anda ke tempat anda.

2. One day service (ODS)
Paket / dokumen anda akan dikirim dan sampai dihari yang sama..

3. Over night service (ONS)
Paket / dokumen anda akan sampai dihari selanjutnya (1-2 hari)
4. City Courier Service / Intra city
Layanan cepat dalam dan antar kota dalam suatu propinsi.
Contoh : paket,sebar kartu undangan,promosi,brosur,dll

5. Melayani jasa pindahan , jasa pengangkutan barang, charter truk terbuka/box dan pengemasan/paking.
Contoh : pindahan rumah , pindahan kantor , pindahan toko dll

6. Logistik & Distribusi : Jasa Pengangkutan dan Pendistribusian barang domestik area .

Layanan pengiriman barang dari AiOne Fowarding Service telah menjangkau seluruh bagian dari kota-kota dan juga provinsi di Indonesia . untuk menjamin pengiriman cepat, tepat dan aman dengan tarif yang kompetitif.



3.3 STRATEGI BISNIS

Upaya memperbaiki kegiatan operasional dan manajemen PT. AiOne harus tetap dilakukan untuk menghadapi ketatnya persaingan yang ada, namun upaya mempertahankan pola manajemen profesional tidaklah mudah. Kesalahan sedikit saja dalam pelaksanaan manajemen ataupun operasional akan berakibat bagi pelayanan, hal itu akan menjadi resiko yang berbahaya bagi PT AiOne. Upaya untuk menjaga konsistensi pengelolaan PT AiOne secara profesional agar selalu mampu meningkatkan kemampuan dan kinerja keuangannya merupakan hal yang sangat penting. Di satu pihak, untuk melanjutkan penyempurnaan PT AiOne menjadi sebuah perusahaan yang sehat dan dikelola secara profesional masih banyak lagi yang harus dibenahi, diperbaiki dan ditata ulang untuk menetapkan dan mengembangkan kinerja yang telah dicapai dan yang akan dicapai di masa yang akan datang.
Strategi dalam menghadapi persaingan bisnis harus terus kami kembangkan, apalagi dimasa krisis seperti sekarang ini diperlukan strategi-strategi baru guna memperlancar kerjasama yang lebih erat dengan para konsumen yang telah ada maupun untuk menarik konsumen baru. Beberapa strategi yang kami susun antara lain:

1. Melakukan Expansi

Expansi yang akan dilakukan adalah ke daerah-daerah di Indonesia yaitu dengan membuka lebih banyak lagi agen-agen AiOne Fowarding Service untuk memudahkan para pelanggan dalam melakukan proses pengiriman barang dan juga melakukan expansi dengan memperluas jaringan pengiriman barang sampai ke luar negeri, selain itu strategi ini juga berfungsi untuk menarik para pelanggan baru yang berada di daerah di Indonesia maupun yang ada diluar negeri agar menggunakan jasa pengiriman PT.AiOne Fowarding Service.

2. Peningkatan layanan terhadap pelanggan.

Pelanggan merupakan aset yang sangat berharga bagi perusahaan oleh karena itu pelayanan yang optimal akan memberikan kenyamanan bagi pelanggan itu sendiri dimana dampaknya otomatis akan dirasakan juga oleh perusahaan, salah satu bentuk penngkatan layanan tersebut antara lain:
a. Memberikan berbagai info terbaru mengenai tarif maupun daerah-daerah tujuan pengiriman yang telah kami jangkau didalam website kami, selain itu para pelanggan juga bisa melakukan interaksi dengan customer service kami yang selalu online baik melalui internet maupun melalui line telpon.
b. Berbagai keluhan maupun saran juga bisa anda sampaikan kepada kami melalui website, line telpon ataupun mengirimkan surat. Dengan senang hati kami akan menerima dan segera menanggapi segala keluhan, kritik maupun saran para pelanggan.

3. Jaminan Barang kiriman sampai dengan tepat waktu dan dalam kondisi yang bagus.
Sebagai perusahaan jasa pengiriman barang ketepatan waktu pengiriman menjadi prioritas utama bagi kami, barang yang dikirim akan sampai di tempat tujuan sesuai dengan jenis layanan yang dipilih oleh pelanggan, misalnya apabila pelanggan memilih layanan One Day Service maka barang yang dikirim akan sampai pada hari yang sama, apabila layanan yang digunakan adalah Over Night Service maka barang yang dikirim akan sampai pada 1-2 hari dan tentu saja barang yang dikirim akan tetap dijaga kualitasnya karena kami akan memberikan surat garansi barang kepada pelanggan, dengan demikian pelanggan akan tetap merasakan kenyamanan dan tetap mempercayakan pelayanan jasa kepada kami.

4. Memberikan layanan Shipping Tools
Dalam hal ini pelanggan dapat membuat rencana pengiriman, mengecek tarif, melacak status terkini kiriman melalui website ini, hanya dengan mengakses Shipping Tools yang terdapat dalam website kami. Saat pelanggan berada di luar kantor atau dalam perjalanan bisnis, pelanggan tidak perlu khawatir, karena pelanggan tetap dapat mengakses informasi terkini mengenai status kiriman pelanggan melalui layanan tersebut.

5. Memberikan layanan pengepakan barang
Apabila pelanggan tidak punya waktu untuk mengemas atau mengepak barang yang akan dikirim kami akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk megepak barang yang akan dikirim, pelanggan tinggal mengganti biaya pembelian material pengepakan barang.

6. Memberikan diskon 10% di momen-momen tertentu

Untuk setiap pelanggan bisa menikmati diskon 10% dari total biaya pengiriman barang di momen-momen tertentu, misalnya pada bulan agustus yang kebetulan bertepatan dengan hari kemerdekaan indonesia, kemudian pada hari raya besar keagamaan misalnya hari raya Idul fitri, natal ataupun pada pergantian tahun, karena momen seperti itu biasanya masyarakat banyak yang mengirimkan hadiah atau parcel untuk sanak saudara sehingga dengan adanya promo diskon, pelanggan akan lebih tertarik menggunakan jasa pengiriman dari perusahaan kami.

7. Memberikan Point Reward dan undian berhadiah

Setiap pelanggan yang melakukan transaksi pada kelipatan tertentu akan mendapatkan point reward, dan point reward ini nantinya akan diundi pada periode-periode tertentu untuk mendapatkan hadiah yang telah disediakan perusahaan. Dengan adanya program ini pelanggan akan semakin bersemangat untuk bekerja sama dengan perusahaan kami karena selain bertransaksi mereka juga nantinya akan mendapatkan undian berhadiah. Program ini pastinya akan di sosialisasikan di official website perusahaan dan juga di brosur-brosur yang akan disebarkan diagen-agen perusahaan AiOne.

8. Perluasan Usaha

Perluasan usaha merupakan hal yang sangat penting demi kelangsungan hidup perusahaan, perluasan yang dimaksud disini adalah dengan memperluas perusahaan dibidang yang lain misalnya menjadi developer perumahan ataupun penjualan barang-barang retail kebutuhan sehari-hari seperti supermarket. Perluasan ke bidang yang lain bagi suatu perusahaan sangat penting karena setiap bisnis pasti ada pasang surutnya, jadi sebagai bagian dari strategi untuk tetap exis di dunia bisnis perluasan bidang usaha sangat diperlukan. apabila bisnis dibidang yang satu sedang melemah, masih ada bisnis lain yang masih berjaya.



BAB 4
PENUTUP

4.1 KESIMPULAN
1. Visi dan misi sangat diperlukan dalam suatu perusahaan, karena dari visi dan misi itulah perusahaan berpedoman dalam menjalankan bisnisnya, kemana arah maupun tujuan yang akan dicapai, baik buruknya suatu perusahaan tergantung dari visi dan misi yang telah dibuat.

2. Strategi bisnis sangat diperlukan untuk tetap exis di kancah persaingan bisnis yang kian ketat, tanpa adanya strategi bisnis yang baru niscaya perusahaan akan semakin terpuruk dan jauh tertinggal oleh kemajuan bisnis dan lawan bisnis

3. Perluasan bisnis juga sangat diperlukan untuk menambah income perusahaan dan menguasai kancah dunia bisnis



4.2 SARAN
1. Setiap perusahaan yang ingin terus mengembangkan perusahaan tak terlepas dari peran karyawan, pelanggan dan pemasok, karena kesemuanya itu merupakan aset bagi perusahaan. Hendaknya dengan tetap memperhatikan kesejahteraan karyawan, peningkatan mutu pelayanan terhadap pelanggan, dan juga menjalin hubungan yang baik dengan pemasok maka perusahaan akan terus berkembang seiring dengan persaingan yang semakin ketat.

2. Bisnis tidak terlepas dari teknologi informasi, apabila perusahaan terus mengikuti perkembangan teknologi maka segala transaksi bisnis juga semakin lancar karena didukung oleh pengelolaan informasi yang cepat dan sistematis, oleh karena itu disarankan agar setiap perusahaan mengikuti perubahan teknologi informasi guna memperlancar dunia bisnis.

0 comments: